11 & 18 Desember 2022

09.00 - 16.00 WIB | Menggunakan Aplikasi Zoom

 

Dental Business Clinic Scale Up Intensive Class adalah sebuah paket training yg dibuat untuk owner klinik gigi owner klinik gigi yg sehari-harinya sangat sibuk di tempat praktek, karena itu membutuhkan sebuah program khusus yg di luar jam praktek dan dalam waktu yg singkat. Program ini dilakukan dalam 2 kali pertemuan, setiap hari Ahad, mulai pukul 09.00 - 16.00 WIB, sehingga memberikan kesempatan para dokter gigi yg praktek sore bisa menyelesaikan dulu tugas-tugasnya di tempat prakteknya.

 

Hemat Biaya

Dental Business Clinic Scale Up Intensive Class juga merupakan paket yg hemat biaya. Dimana pada training reguler, untuk mengikuti 6 buah training reguler, peserta harus mengeluarkan biaya 5 jt per training, sehingga totalnya adalah 30 jt untuk 6 buah training. Namun di program Dental Business Training 6in1 ini, peserta akan mendapatkan 6 buah training yg isinya sama dengan training reguler, namun dengan harga yg lebih hemat, yaitu peserta cukup membayar 15 jt untuk 6 buah training. Artinya peserta dapat berhemat sebesar 15 jt dari harga normal yg 30 jt untuk 6 buah training.

 

Peserta Terbatas

Untuk menjaga training tetap kondusif, peserta juga nyaman berdiskusi dan berkonsultasi mengenai keadaan klinik giginya, maka peserta dibatasi maksimal hanya untuk 10 orang peserta.

 

Diharapkan setelah mengikuti program training intensif ini, owner klinik gigi bisa mendapatkan insight baru mengenai bagaimana dia akan mengembangkan bisnis klinik giginya, dan dia juga akan bisa membuat strategi guna melakukan pengembangan (scale up) pada klinik giginya.

 

Pembahasan

  • Logistics Management
  • Business Development
  • Patient Management
  • HR Management
  • Financial Management
  • Marketing Management

 

Logistics Management

Logistics management adalah cara pengaturan pengelolaan alat, bahan dan fasilitas yang ada di klinik gigi. Ketika sebuah klinik baru didirikan, owner belum mendapati masalah yang berarti yang berkaitan dengan manajemen logistik ini, namun seiring berjalannya waktu dan dengan berkembangnya bisnis dari klinik giginya, maka mulai dirasakan pengeluaran-pengeluaran yang disebabkan oleh ketidakcermatan pengelolaan alat dan bahan di klinik. Mulai sering membeli alat-alat yang rusak atau hilang, dan ini diketahui ketika alat dan bahan tersebut akan dipakai. Pengeluaran-pengeluaran seperti ini membuat profit klinik gigi tidak maksimal.

Kemudian dengan bertambahnya jumlah klinik, maka masalah seperti ini menjadi berlipat jumlahnya. Apabila hal ini tidak diselesaikan, maka akan terus terjadi hal yang sama pada klinik-klinik selanjutnya. Karena itu bagi owner yang akan mengembangkan kliniknya atau sudah memiliki beberapa cabang dan mempunyai masalah terhadap pengelolaan alat dan bahan, topik manajemen logistik ini menjadi sebuah topik yang sangat diperlukan. Karena dengan memahami cara pengelolaan alat dan bahan yang baik, maka operasional klinik gigi menjadi lebih efisien, dan owner akan mendapatkan profit yang maksimal dari klinik giginya.

 

Business Development

Business development adalah sebuah konsep untuk mengembangkan bisnis. Dalam training ini para peserta akan diajarkan bagaimana menerapkan konsep pengembangan bisnis yang paling cocok bagi klinik giginya, karena keadaan dan kondisi serta lokasi setiap klinik gigi berbeda. Untuk sebagian klinik gigi, mungkin masih bisa dibesarkan skala klinik nya guna bisa melayani lebih banyak pasien, namun untuk sebagian lainnya, akan lebih efisien kalau pengembangan bisnisnya dilakukan dengan menambah cabang klinik baru.

Training ini akan mengajarkan peserta training bagaimana menentukan langkah-langkah yang akan diambil dalam rangka mengembangkan bisnis klinik giginya, sesuai dengan keadaan dan kondisi klinik giginya.

 

Patient Management

Manajemen pasien adalah serangkaian prosedur yg diterapkan di klinik gigi untuk mengatur cara interaksi dengan pasien, mengumpulkan, mengolah dan memanfaatkan data pasien, agar dapat memberikan pelayanan yang diharapkan oleh pasien. Manajemen pasien mulai diterapkan ketika seorang calon pasien mulai berinteraksi dengan pihak klinik gigi, lalu mendaftar menjadi pasien dengan membuat reservasi, kemudian pasien tersebut mendapatkan treatment dari dokter, kemudian beberapa saat kemudian mendapatkan telepon atau WA dari klinik guna menanyakan kondisi pasien, sampai akhirnya klinik mengingatkan untuk treatment berikutnya dan pasien kembali melakukan reservasi.

 

HR Management

Sebuah bisnis klinik gigi terdiri dari owner, dokter gigi yang praktek, perawat dan pegawai lain yang melakukan support operasional dan memastikan bahwa operasional klinik gigi berjalan lancar. Banyak owner pemilik klinik gigi kurang memberi perhatian kepada peran para supporting staf, terlihat dari kualitas dan kualifikasi para supporting staf ini yang seadanya.

Selain mengurusi supporting staff, manajemen sumber daya manusia (HR Management) juga mengurusi dokter gigi yang praktek beserta para perawat. Sebagai tenaga inti klinik gigi, dokter gigi dan perawat harus diatur dengan standar-standar tertentu, sehingga klinik mempunyai aturan baku mengenai tata cara kerja dokter gigi dan perawat di klinik gigi.

 

Financial Management

Manajemen keuangan bagi sebuah bisnis klinik gigi memegang peranan yang amat penting. Tingkatan kepentingannya berada setelah kemampuan teknis para dokter gigi dalam menangani pasiennya. Ketika sebuah klinik gigi yang didukung oleh para dokter gigi dengan kemampuan teknis tinggi, namun tidak didukung oleh manajemen keuangan klinik yang mumpuni, maka klinik gigi tersebut hanya sebuah tempat praktek dokter-dokter gigi dengan kemampuan teknis tinggi, memberikan imbalan finansial yang tinggi kepada dokter gigi yang praktek, namun tidak memberikan kontribusi finansial yang berarti kepada klinik gigi itu sendiri.

Amat sering terjadi pada klinik gigi, ketika diperlukan sebuah penggantian peralatan, maka owner klinik gigi lah yang mengeluarkan uang pribadinya untuk membeli peralatan yang perlu diganti. Apabila peralatan yang perlu diganti tersebut cukup mahal, maka ini akan menjadi masalah keuangan bagi owner klinik gigi tersebut. Padahal dengan manajemen keuangan klinik gigi yang baik, klinik gigi akan membagi-bagi tarif layanan menjadi pos-pos tertentu sehingga tidak ada satupun pengeluaran klinik gigi yang akan ditanggung lagi oleh owner klinik gigi tersebut. Semua pengeluaran klinik gigi tersebut sudah bisa dibebankan semuanya kepada operasional klinik gigi.

 

Marketing Management

Marketing management pada klinik gigi adalah proses melakukan kegiatan marketing dengan cara yang terorganisir dan efisien. Marketing management bertujuan untuk melakukan kegiatan marketing di klinik gigi menjadi lebih fokus dan terarah. Marketing management memperlancar proses pertukaran jasa dari klinik gigi kepada pasien. Marketing management, seperti semua bidang manajemen lainnya, terdiri dari fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, dan pengendalian.

.

--------------------------------------------

Organized by Alumnisix Dental

Informasi dan pendaftaran : 0811 1048 953

 

Biaya webinar : Rp.15 jt

 

Comments powered by CComment