15 & 29 Januari 2023

09.00 - 16.00 WIB | Menggunakan Aplikasi Zoom

 

Dental Business Training 6in1 adalah sebuah paket training yg dibuat untuk owner klinik gigi dan calon owner klinik gigi yg sehari-harinya sangat sibuk di tempat praktek, karena itu membutuhkan sebuah program khusus yg di luar jam praktek dan dalam waktu yg singkat. Program ini dilakukan dalam 2 kali pertemuan, setiap hari Ahad, mulai pukul 09.00 - 16.00 WIB, sehingga memberikan kesempatan para dokter gigi yg praktek, bisa menyelesaikan dulu tugas-tugasnya di tempat prakteknya pada weekdays.

 

Hemat Biaya

Dental Business Training 6in1 juga merupakan paket yg hemat biaya. Dimana pada training reguler, untuk mengikuti 6 buah training reguler, peserta harus mengeluarkan biaya antara 5 jt per training, sehingga totalnya adalah 30 jt untuk 6 buah training. Namun di program Dental Business Training 6in1 ini, peserta akan mendapatkan 6 buah training yg isinya sama dengan training reguler, namun dengan harga yg lebih hemat, yaitu peserta cukup membayar 15 jt untuk 6 buah training. Artinya peserta dapat berhemat sebesar 15 jt dari harga normal yg 30 jt untuk 6 buah training.

 

Peserta Terbatas

Untuk menjaga training tetap kondusif, peserta juga nyaman berdiskusi dan berkonsultasi mengenai keadaan klinik giginya, maka peserta dibatasi maksimal hanya untuk 10 orang peserta.

 

Diharapkan setelah mengikuti program training intensif ini, dokter gigi bisa mendapatkan insight baru mengenai bisnis klinik gigi, sehingga bisa lebih terarah dalam mengembangkan bisnis klinik giginya.

 

Pembahasan

  • Business Basics for Dentists
  • Dental Clinic Business Startup
  • Menghitung Tarif Klinik Gigi
  • Dental Clinic Market Research
  • Dental Clinic Marketing Plan
  • Dental Clinic Cashflow Management

 

Business Basics for Dentists

Ilmu bisnis saat ini amat jarang atau bahkan tidak dipelajari pada bangku kuliah kedokteran gigi. Padahal hampir sebagian besar dokter gigi akan menggeluti bisnis klinik gigi, baik hanya membuka praktek di rumah sebagai kerja part-time, atau bahkan kerja full-time di klinik sendiri dengan dibantu beberapa kolega dokter gigi yang praktek bersama di kliniknya. Namun tanpa dilengkapi oleh pengetahuan bisnis yang mencukupi, kemajuan sebuah praktek dokter gigi atau klinik gigi hanyalah sebuah keberuntungan saja, tanpa diketahui penyebab kemajuannya tersebut. Begitu juga apabila klinik giginya sepi, itu pun tidak diketahui penyebabnya.

Training basics business for dentists ini akan mengajarkan dasar-dasar bisnis yang perlu dikuasai oleh para dokter gigi yang berniat untuk membuka praktek gigi sendiri ataupun membuat klinik gigi. Diharapkan dengan menguasai pengetahuan dasar bisnis ini, para dokter gigi yang akan terjun ke bisnis klinik gigi dapat mempersiapkan bisnis klinik giginya lebih baik, sehingga memperkecil resiko kegagalan bisnisnya.

 

Dental Clinic Business Startup

Bisnis klinik gigi seperti bisnis pada umumnya, bisa ramai, bisa sepi, bisa maju, bisa juga bangkrut. Pebisnis klinik gigi yang baik akan mempersiapkan bisnis klinik giginya dengan baik. Kesalahan menetukan lokasi, strategi keuangan dan operasional, kerap kali membawa sebuah klinik gigi kedalam masalah serius non-medis, yang tidak dapat diselesaikan oleh keahlian medis dokter gigi, namun harus diselesaikan dengan kemampuan bisnis. Dalam merencanakan sebuah bisnis klinik gigi, ada hal-hal yang perlu disiapkan secara matang guna memperkecil kerugian waktu dan biaya. Karena disebabkan oleh pemilihan lokasi, sebuah klinik gigi bisa saja dalam waktu lama, belum mendapatkan pasien dalam jumlah yang diharapkan. Atau karena salah dalam mengantisipasi biaya pembangunan klinik gigi, sebuah klinik gigi akhirnya dibangun seadanya, sehingga tidak memenuhi keinginan awal klinik gigi yang diimpikan.

Training ini akan mengajarkan peserta training bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mempersiapkan pendirian sebuah klinik gigi, sehingga bisa mengurangi resiko kerugian biaya dan waktu.

 

Menghitung Tarif Klinik Gigi

Tarif klinik gigi sejatinya adalah sebuah daftar yang dihitung dengan cermat berdasarkan biaya investasi, biaya operasional, target profit dan terget pengembalian modal (break even point/BEP). Tarif klinik tidak bisa ditetapkan dengan melihat harga pasar yang diterapkan oleh klinik gigi yang ada di sekitar klinik gigi kita, karena kita tidak tahu apakah tarif pasar itu menguntungkan atau malah dibawah harga modal kita (unit cost).

Dengan menghitung tarif dengan benar, maka kita akan dapat mengetahui secara pasti nilai-nilai komponen yang menyusun terif tersebut. Dengan mengetahui komponen-komponen penyusun tarif tersebut, maka kita akan dapat mengetahui profit klinik gigi per layanan. Dari profit klinik gigi per layanan, maka kita akan dapat mengetahui net profit harian, mingguan dan bulanan secara tepat dalam waktu yang relatif singkat, karena semuanya sudah dihitung dan diatur secara benar dan rapi.

 

Dental Clinic Market Research

Market research atau penelitian tentang pasar, adalah sebuah kegiatan yang dimaksudkan untuk lebih mengetahui pasar (pasien) yang ada disekitar klinik gigi kita. Dengan mengetahui pasar yang tersedia di sekitar klinik gigi kita, maka kita dapat menerapkan strategi bisnis yang tepat. Dengan kegiatan market research juga, kita sebagai pengelola atau pemilik klinik gigi, akan mengetahui peta bisnis klinik gigi di sekitar kita dengan mengidentifikasi kompetitor-kompetitor yang ada di sekitar klinik gigi kita berikut dengan kekuatan dan kelemahannya. Salah satu bagian yang terpenting dari market research adalah mengetahui daya serap pasar terhadap layanan yang ada pada klinik gigi kita, sehingga kita bisa menerapkan strategi pemasaran dan tarif yang sesuai dengan pasar.

 

Dental Clinic Marketing Plan

Setelah melakukan penelitian mengenai pasar/pasien (market research) maka selanjutnya yang dilakukan adalah bagaimana pasar yang ada itu datang ke klinik gigi kita. Kegiatan membawa pasar/pasien ke klinik gigi ini adalah pemasaran (marketing). Pemasaran yang baik adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan perencanaan yang matang, sehingga setiap marketing campaign yang dilakukan dapat diukur keberhasilannya.

Dalam kegiatan marketing, klinik gigi harus fokus hanya kepada satu saja layanan atau beberapa layanan yg mempunyai market yg sama. Karena tidak bisa melakukan marketing untuk beberapa layanan yg marketnya berbeda. Pada training ini peserta akan diajarkan bagaimana menentukan layanan mana yg mempunyai prioritas yg harus dimarketingkan.

 

Dental Clinic Cashflow Management

Cash flow merupakan sebuah metode untuk merencanakan dan mengontrol aktifitas keuangan pada klinik gigi. Dengan menggunakan cashflow kita bisa mengetahui kapan klinik gigi kita akan mengalami defisit keuangan (berkurang bahkan habisnya uang kas), dan kapan klinik gigi kita akan mengalami surplus keuangan ( bertahan dan bertambahnya uang kas). Hal ini didapatkan dari hasil rekaman/record catatan keuangan dan pelayanan klinik gigi minimal 3 tahun ke belakang.

Cash flow akan memberikan informasi penting kepada pengelola klinik gigi apakah akan memutuskan memborong bahan medis yang sedang dijual murah oleh vendor dengan cara membayar cash yang mengakibatkan klinik gigi akan memiliki uang kas yang "tipis" dalam beberapa bulan ke depan, ataukah pengelola klinik gigi akan mencari vendor yang dapat memberikan tempo yang lebih panjang tapi bisa memberikan tempo pembayaran yang panjang yang mengakibatkan klinik gigi akan memiliki uang kas yang "tebal" dalam beberapa bulan ke depan.

 

 

--------------------------------------------

Organized by Alumnisix Dental

Informasi dan pendaftaran : 0811 1048 953

 

Biaya webinar : Rp.15 jt

 

Comments powered by CComment