Durasi : 4 jam | Menggunakan Aplikasi Zoom

Waktu : sesuai perjanjian

 

Bisnis klinik gigi seperti bisnis pada umumnya, bisa ramai, bisa sepi, bisa maju, bisa juga bangkrut. Pebisnis klinik gigi yang baik akan mempersiapkan bisnis klinik giginya dengan baik. Kesalahan menetukan lokasi, strategi keuangan dan operasional, kerap kali membawa sebuah klinik gigi kedalam masalah serius non-medis, yang tidak dapat diselesaikan oleh keahlian medis dokter gigi, namun harus diselesaikan dengan kemampuan bisnis. Dalam merencanakan sebuah bisnis klinik gigi, ada hal-hal yang perlu disiapkan secara matang guna memperkecil kerugian waktu dan biaya. Karena disebabkan oleh pemilihan lokasi, sebuah klinik gigi bisa saja dalam waktu lama, belum mendapatkan pasien dalam jumlah yang diharapkan. Atau karena salah dalam mengantisipasi biaya pembangunan klinik gigi, sebuah klinik gigi akhirnya dibangun seadanya, sehingga tidak memenuhi keinginan awal klinik gigi yang diimpikan. Training ini akan mengajarkan peserta training bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mempersiapkan pendirian sebuah klinik gigi, sehingga bisa mengurangi resiko kerugian biaya dan waktu.

 

Business Concept

Step awal yang dilakukan dalam merencanakan pendirian sebuah bisnis klinik gigi adalah membuat sebuah business conceptBusiness concept adalah menuangkan impian pemilik klinik gigi ke dalam sebuah dokumen guna bisa mendapatkan sebuah gambaran yang utuh mengenai klinik gigi yang akan didirikan. Misalnya dalam hal pasar, dalam angan-angan pemilik klinik gigi, nantinya klinik giginya akan melayani pasar yang bagaimana, sehingga dalam menentukan lokasinya juga tidak akan jauh-jauh dari pasar yang diinginkannya.

 

Training terkait : Dental Clinic Business Plan Workshop

 

Location Analysis

Kesalahan dalam menentukan lokasi akan sangat merugikan pemilik klinik gigi, baik dari segi biaya maupun dari segi waktu. Biaya yang tidak sedikit sudah dikeluarkan untuk mendirikan sebuah klinik gigi baru. Namun karena kesalahan menentukan lokasi (misalnya sebuah klinik gigi estetik didirikan dekat dengan kawasan industri), maka pasien yang datang tidak banyak, karena tidak cocok dengan pasar yang ada di sekitarnya. Akhirnya untuk memindahkan lagi klinik gigi ke tempat lain, memerlukan biaya lagi. Namun dengan metode penentuan lokasi klinik yang tepat, maka kerugian ini bisa ditekan.

 

Training terkait : Webminar Menghitung Tarif Klinik Gigi

 

Budget Planning

Perencanaan anggaran menentukan keberhasilan dalam mendirikan sebuah klinik gigi baru. Kesalahan atau ketidakcermatan menetapkan anggaran dapat berakibat gagalnya mendirikan klinik gigi seperti yang diangankan. Penentuan budget atau modal merupakan hal yg sangat penting ketika akan mendirikan sebuah klinik gigi, ketika modal yg dikeluarkan terlalu besar, akan berakibat tarif klinik yg tinggi. Tapi ketika modal yg dikeluarkan kekecilan, maka akan berakibat seringnya owner nombok biaya operasional klinik. Untuk itu calon owner klinik gigi hendaknya menghitung dan mempersiapkan modal klinik giginya dengan baik.

 

Training terkait : Webinar Dental Clinic Market Research

 

Operational Planning

Setelah budget dihitung, konsep juga sudah ditentukan, lokasi sudah ditentukan, maka selanjutnya adalah merencanakan strategi operasional klinik gigi agar tidak boros dalam membelian alat dan bahan, serta tidak boros dalam merekrut pegawai. Operasional ini sangat penting, karena apabila sebuah klinik baru kekurangan SDM, maka kinerja klinik baru ini tidak akan maksimal dan juga memberikan profit yg juga tidak maksimal, namun apabila SDM terlalu banyak, maka klinik gigi baru ini akan boros dalam membayar SDM nya yg banyak ini yg tidak diimbangi oleh profit yg banyak juga.

 

Marketing Planning

Saat ini marketing merupakan hal yg tidak dapat dipisahkan dari sebuah bisnis klinik gigi, namun marketing yg dilakukan pada bisnis klinik gigi haruslah cara-cara marketing yg tidak melanggar etika pada kedokteran gigi. Manfaat marketing pada klinik gigi adalah mendatangkan market di luar sana untuk datang ke klinik gigi. Saat ini terdapat dua macam marketing yg dapat dilakukan oleh sebuah klinik gigi, yaitu marketing offline dan marketing online. Marketing yg baik adalah marketing yg dapat membuat klinik gigi baru untuk mendapatkan pasien sejak hari pertama klinik giginya dibuka.

 

--------------------------------------------

Organized by Alumnisix Dental

Informasi dan pendaftaran : 0812 9654 4841

 

Biaya webinar Rp.5 jt per peserta

atau Rp. 10 jt untuk 3 peserta

 

 

Comments powered by CComment