Durasi : 4 jam | Menggunakan Aplikasi Zoom

Waktu : sesuai perjanjian

 

Keberhasilan bisnis dari sebuah klinik gigi ditentukan dengan keberhasilan kerja tim yang ada di klinik. Seorang dokter gigi akan terganggu pekerjaannya ketika tiba-tiba mati lampu ditengah-tengah pekerjaannya, atau tiba-tiba mesin kompresornya mati, atau ada bahan yang tidak tersedia karena stoknya habis, atau juga karena ada alat yang hilang.

 

Semua hal yang berkaitan dengan fasilitas, alat dan bahan untuk melakukan pelayanan di klinik gigi merupakan tugas dan tanggung jawab seseorang atau tim yang mengurusi logistik pada klinik gigi. Petugas logistik ini setiap hari harus memeriksa semua instrumen dan alat yang akan digunakan di ruang praktek, guna memastikan tidak ada kendala ketika dokter gigi sedang memberikan tindakan kepada pasien.

 

Banyak klinik gigi belum memberikan perhatian kepada urusan logistik ini, sehingga pekerjaan logistik ini bisa disambi oleh siapapun yang sempat untuk melakukannya. Sehingga ketika terjadi kerusakan atau kehilangan pada alat, tidak ada pihak yang bertanggung jawab, karena semua urusan logistik dilakukan juga oleh semua orang. Kalau ini terjadi, maka korbannya adalah owner yang harus mengeluarkan biaya guna mengganti alat dan bahan yang hilang.

 

Checking

Petugas logistik harus memastikan bahwa pelayanan kepada pasien tidak terkendala karena alat dan bahan. Checking dilakukan secara rutin kepada istrumen, alat dan bahan yang akan digunakan di ruang praktek oleh dokter dan perawat. Checking dilakukan oleh petugas logistik kepada setiap alat dan bahan yang dibawa oleh perawat dari ruang logistik menuju ruang praktek. Sehingga memastikan bahwa semua alat dan bahan yang dibawa ke ruang praktek itu siap untuk digunakan.

 

Register

Petugas logistik bertugas mencatat keluar masuknya alat dan bahan dari ruang logistik. Semua alat dan bahan yang keluar harus melalui proses checking terlebih dahulu untuk memastikan dapat digunakan untuk melayani pasien di ruang praktek. Ketika alat dan bahan kembali ke ruang logistik dari ruang praktek, maka petugas logistik juga melakukan checking untuk memastikan alat dan bahan kembali dalam keadaan baik. Kemudian dicatatkan kedalam buku keluar-masuk alat dan bahan. Selain itu petugas logistik juga melakukan penerimaan alat dan bahan yang telah selesai diperbaiki ataupun dibeli baru.

 

Stocking

Petugas logistik bertanggung jawab terhadap ketersediaan peralatan cadangan guna menggantikan alat yang hilang atau rusak, dan juga bertanggung jawab terhadap ketersediaan bahan untuk digunakan di ruang praktek. Untuk itu secara berkala, petugas logistik melakukan stock-opname terhadap ketersediaan alat dan bahan di gudangnya. Apabila didapati stok alat cadangan atau bahan yang menipis, maka petugas logistik akan mengajukan permintaan alat dan bahan kepada manajer klinik.

 

Siapa yang Perlu Ikut Training Ini?

Dokter gigi yang akan mendirikan klinik gigi.

Agar sejak awal mendirikan klinik gigi, masalah-masalah logistik sudah mulai menjadi hal yang harus diperhatikan. Dengan memperhatikan masalah logistik, maka di kliniknya sudah tidak lagi terdapat alat dan bahan yang hilang tanpa ada satupun karyawan yang merasa bertanggung jawab.

 

Dokter yang sudah mengelola klinik gigi.

Dengan mengetahui cara-cara pengelolaan logistik yang benar, maka masalah akan ketidak-efisien nya klinik gigi dapat diperkecil. Karena dengan menerapkan pengelolaan logistik yang benar, semua alat dan bahan yang keluar dari ruang logistik merupakan tanggung jawab dokter dan perawat yang mendampinginya.

 

--------------------------------------------

Organized by Alumnisix Dental

Informasi dan pendaftaran : 0811 1048 953

 

Biaya webinar Rp.5 jt per peserta

atau Rp. 10 jt untuk 3 peserta

 

Comments powered by CComment