Durasi : 4 jam | Menggunakan Aplikasi Zoom

Waktu : sesuai perjanjian

 

Manajemen pasien adalah serangkaian prosedur yg diterapkan di klinik gigi untuk mengatur cara interaksi dengan pasien, mengumpulkan, mengolah dan memanfaatkan data pasien, agar dapat memberikan pelayanan yang diharapkan oleh pasien.

 

Manajemen pasien mulai diterapkan ketika seorang calon pasien mulai berinteraksi dengan pihak klinik gigi, lalu mendaftar menjadi pasien dengan membuat reservasi, kemudian pasien tersebut mendapatkan treatment dari dokter, kemudian beberapa saat kemudian mendapatkan telepon atau WA dari klinik guna menanyakan kondisi pasien, sampai akhirnya klinik mengingatkan untuk treatment berikutnya dan pasien kembali melakukan reservasi.

 

Kenapa klinik gigi perlu menerapkan manajemen pasien?

Karena sumber pendapatan klinik gigi itu hanya dari pasien. Apabila pasien puas dengan pelayanan di klinik maka dia akan kembali lagi ke klinik kita, atau bahkan akan merekomendasikan klinik kita ke kerabat dan teman-temannya. Namun apabila pasien tidak puas, maka pasien itu juga akan mengabarkan ketidakpuasannya itu ke kerabat dan teman-temannya, ini akan merugikan image klinik kita kedepannya. Karena itu sudah pantas dan perlu apabila owner klinik gigi menerapkan pengelolaan pasien-pasien dengan baik.

 

Apa yang akan dibahas pada training ini ?

 

1. Interaksi Dengan Pasien

Sumber pendapatan satu-satunya klinik gigi adalah dari pasien. Untuk itu sebagai pengelola klinik gigi harus dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pasien, mulai dari saat calon pasien menghubungi klinik gigi baik dengan telepon, email maupun media sosial, kemudian calon pasien melakukan reservasi untuk layanan yg diperlukan, kemudian pasien mendapatkan pelayanan sebelum tindakan, kemudian pasien mendapatkan tindakan, pasien melakukan pembayaran, sampai kepada follow up klinik terhadap pasien setelah mendapatkan tindakan di klinik gigi.

Dalam training ini peserta akan dijelaskan secara runut bagaimana klinik gigi berinteraksi dengan pasien sejak pasien melakukan kontak pertamanya dengan calon pasien, sampai kepada after sales service dari klinik kepada pasien.

 

2. Pendaftaran Pasien

Pendaftaran pasien adalah awal mula seorang calon pasien menjadi pasien di klinik gigi. Disaat pendaftaran itu ada beberapa data penting yg semestinya bisa didapat dari pasien. Data tersebut nantinya dapat dimanfaatkan guna meningkatkan kepuasan pasien dan juga berguna untuk menyusun strategi bisnis pada klinik gigi. Pendaftaran pasien juga dibuat seefisien mungkin, sehingga data yg didapat saat pendaftaran, tidak berulang-ulang dimintakan lagi kepada pasien.

Dalam training ini peserta akan dijelaskan cara pendaftaran pasien baik secara online maupun offline, bagaimana mendapatkan data penting dari pasien, namun tidak membuat kenyamanan pasien terganggu.

 

3. Reservasi Layanan

Reservasi layanan pasien adalah saat yg penting, dimana saat reservasi pasien sangat memerlukan pendapat dan informasi dari petugas yg menangani reservasi ini, dan juga petugas reservasi harus siap mendengar dan menanggapi keluhan dari pasien. Sehingga cara reservasi yg baik adalah tidak langsung menetapkan layanan yg diperlukan oleh pasien, tetapi petugas reservasi ini berdiskusi lebih dahulu atas layanan yg memang diperlukan oleh pasien.

Dalam training ini pasien akan diajarkan bagaimana sebaiknya sebuah prosedur reservasi dilakukan di klinik gigi, sehingga pasien mendapatkan layanan yg memang benar-benar diperlukan olehnya.

 

4. Manajemen Antrian

Antrian merupakan hal yg penting diperhatikan oleh owner/pengelola klinik gigi. Ketika sebuah klinik gigi dengan kualitas rata-rata, maka pasien akan mudah pindah ke klinik lainnya hanya dikarenakan waktu tunggu yang lama. Kecuali kalau memang sebuah layanan hanya bisa dilakukan di klinik gigi tertentu, dan hanya dokter yg praktek di klinik gigi tersebut yg dapat memberikan layanan tersebut, maka mau tidak mau pasien harus menunggu untuk mendapatkan layanan tersebut. Waktu tunggu rata-rata yg dapat diterima oleh seorang pasien adalah sekitar 8 sampai 10 menit. Apabila pasien menunggu diatas waktu tersebut, maka bisa saja pasien itu pindah ke klinik gigi lain, atau membuat dia tidak mengunjungi klinik gigi tersebut selanjutnya.

Pada training ini peserta akan diajarkan bagaimana membuat antrian yg efektif, sehingga waktu tunggu pasien tidak terlalu lama.

 

5. Treatment Plan

Tretment plan adalah sebuah proses untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh kepada pasien, sehingga pasien dapat mengetahui permasalahan yg ada pada kesehatan gigi dan mulutnya. Dengan melakukan treatment plan, maka pasien dan klinik akan sama-sama mempunyai catatan treatment apa saja yg diperlukan oleh setiap pasien guna memperbaiki kesehatan gigi dan mulut setiap pasien. Treatmen plan juga berguna untuk meningkatkan jumlah layanan pada klinik gigi.

 

6. Manajemen Komplain

Komplain pasien merupakan hal yg tidak terpisahkan dari operasional sehari-hari sebuah klinik gigi. Pasien yg mengajukan komplain biasanya adalah pasien yg tidak puas atas hasil kerja di klinik gigi tersebut yg tidak sesuai dengan ekspektasinya. Ekspektasi pasien ini juga merupakan hal yg harus dimantain.

Pada training ini akan diajarkan bagaimana mengatasi komplain pasien, sehingga menghindarkan klinik gigi kehilangan pasien-pasiennya yg kamplain.

 

7. Pengolahan Data Pasien

Data pasien adalah harta karun yg ada di klinik gigi. Data pasien sudah ada sejak klinik gigi dibuka. Dengan mengolah data pasien, maka klinik gigi akan mendapatkan informasi strategis yg selama ini tidak terpikirkan oleh owner/pengelola klinik gigi. Dari data pasien kita bisa tahu bahwa karakter pasien-pasien yg mengunjungi klinik gigi kita itu seperti apa, sehingga klinik dapat menyesuaikan pelayanan di klinik gigi dengan karakter pasiennya. Dan banyak lagi insight yg bisa didapat dari mengolah data pasien.

Pada training ini perserta akan mendapatkan pengetahuan data apa yg diperlukan oleh klinik gigi guna mempertajam strategi bisnis klinik gigi, dan juga informasi apa yg dapat dihasilkan dari mengolah data pasien di klinik gigi.

 

 

--------------------------------------------

Organized by Alumnisix Dental

Informasi dan pendaftaran : 0811 1048 953

 

Biaya webinar Rp.5 jt per peserta

atau Rp. 10 jt untuk 3 peserta

 

Comments powered by CComment