Durasi : 4 jam | Menggunakan Aplikasi Zoom

Waktu : sesuai perjanjian

 

Cash flow merupakan sebuah metode untuk merencanakan dan mengontrol aktifitas keuangan pada klinik gigi. Dengan menggunakan cashflow kita bisa mengetahui kapan klinik gigi kita akan mengalami defisit keuangan (berkurang bahkan habisnya uang kas), dan kapan klinik gigi kita akan mengalami surplus keuangan ( bertahan dan bertambahnya uang kas). Hal ini didapatkan dari hasil rekaman/record catatan keuangan dan pelayanan klinik gigi minimal 3 tahun ke belakang.

Cash flow akan memberikan informasi penting kepada pengelola klinik gigi apakah akan memutuskan memborong bahan medis yang sedang dijual murah oleh vendor dengan cara membayar cash yang mengakibatkan klinik gigi akan memiliki uang kas yang "tipis" dalam beberapa bulan ke depan, ataukah pengelola klinik gigi akan mencari vendor yang dapat memberikan tempo yang lebih panjang tapi bisa memberikan tempo pembayaran yang panjang yang mengakibatkan klinik gigi akan memiliki uang kas yang "tebal" dalam beberapa bulan ke depan.

 

  • Konsep manajemen keuangan

Konsep dasar pengelolaan keuangan untuk bisnis klinik gigi adalah tidak ada pengeluaran yang tidak ditanggung oleh pemasukan. Karena jenis biaya-biaya yang harus dikeluarkan cukup banyak, sedangkan satu-satunya sumber pemasukan hanyalah dari jasa pelayanan pasien. Untuk itu konsep manajemen keuangan pada klinik gigi adalah memastikan bahwa semua pengeluaran ada sumber pembayarannya.

 

Training terkait : Webminar Dental Clinic Business Startup

 

  • Membuat rencana keuangan

Perencanaan keuangan sangat erat kaitannya dengan ekspektasi owner sebagai pemilik klinik gigi. Bisnis pada jaman sekarang, tidak lagi menunggu sisa uang di akhir tahun, sehingga kita baru tahu keuntungan klinik gigi itu pada akhir tahun. Tetapi dengan menggunakan cashflow, maka kita bisa merencanakan keuntungan logis yang dapat dicapai oleh klinik gigi pada akhir tahun. Keuantungan logis ini artinya, target yang ditentukan itu diperhitungkan dengan memperhatikan sumber daya serta kapasitas maksimal yang dapat dicapai oleh sebuah klinik gigi, sehingga target yang ditetapkan itu tidak mengawang-awang.

 

Training terkait : Webminar Menghitung Tarif Klinik Gigi

 

  • Membuat cashflow

Cash flow adalah sebuah metode perencanaan dan pencatatan yang paling simpel dan mudah diterapkan namun dengan intensitas adjusment yang lebih sering. Dengan cashflow kita bisa merencanakan prospek keuangan setahun kedepan dengan lebih realistis. Cash flow juga melakukan pencatatan arus masuk dan keluar keuangan klinik disertai dengan jadwalnya. Dengan cashflow kita bisa mengetahui kapan kas klinik akan defisit dan kapan kas klinik akan surplus, hal ini sangat membantu dalam stategi pengadaan dan belanja di klinik.

 

  • Membuat target-target yang akan dicapai oleh klinik gigi

Target tahunan yang akan dicapai oleh klinik gigi kemudian dijabarkan menjadi target-target bulanan dan target-target pekanan. Lalu dibuat strategi guna dapat mencapai target-target bulanan dan target-target pekanan. Strategi ini dibuat berdasarkan kemampuan dan kapasitas maksimal yang dapat dicapai oleh klinik gigi tersebut, sehingga hampir dapat dipastikan bahwa klinik gigi tersebut bisa mencapai target-target tersebut karena sesuai dengan kemampuan maksimalnya.

 

  • Melakukan monitoring pencapaian target

Untuk memastikan tercapainya target tahunan yang sudah ditetapkan tersebut, maka harus dilakukan monitoring pencapaian target-target tersebut secara rutin dalam rentang waktu bulanan dan pekanan. Karena apabila ada target pekanan apalagi target bulanan yang tidak tercapai, maka dapat dipastikan target tahunan yang sudah direncanakan tidak akan tercapai. Dalam hal melakukan monitoring pencapaian target-target tersebut, maka digunakan cashflow sebagai tools monitoringnya.

 

--------------------------------------------

Organized by : Alumnisix Dental

Informasi dan pendaftaran : 0812 9654 4841

 

Biaya webinar Rp.5 jt per peserta

atau Rp. 10 jt untuk 3 peserta

 

 

Comments powered by CComment